Sekolah Vokasi di Jerman

Apa itu Ausbildung?

Ausbildung merupakan jenjang pendidikan lanjutan setelah Gymnasium/Realschule/Sekundärschule bagi siswa/i yang memilih untuk langsung terjun ke dunia kerja. Ausbildung sendiri terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk kurikulumnya.

Duale Ausbildung

Duale Ausbildung atau sering juga disebut betriebliche Ausbildung merupakan jenis Ausbildung yang paling digemari di Jerman. Bentuk Ausbildung ini menyatukan theorie yang didapatkan dari Berufschule dan pratek yang dilakukan di Ausbildungsbetrieb. Alasan bentuk Ausbildung ini paling digemari adalah karena sejak awal siswa/i akan langsung digaji oleh pihak Ausbildungsbetrieb tempat dia bekerja. Program duale Ausbildung ini berlangsung kurang lebih 2 s/d 3,5 tahun tergantung dari kompetensi siswa/i dalam menjalankan program ini.

Sebelum siswa/i memulai duale Ausbildung, mereka diharuskan mendaftarkan diri ke perusahaan yang diinginkan sebagai Azubi (Auszubildende). Dan diakhir program duale Ausbildung ini, mereka akan mendapatkan 3 buah nilai, yakni :

● Prüfungszeugnis (oder Kammerzeugnis) : Nilai ujian akhir

● Berufsschulzeugnis : Nilai akhir dari Berufsschule

● Betriebliches Ausbildungszeugnis : Nilai Ausbildung dari perusahaan

Schulische Ausbildung

Bentuk Ausbildung ini biasa diperuntukan untuk bidang pekerjaan yang berhubungan dengan dunia kesehatan dan sosial. Contohnya adalah : Erzieher/in, Altenpflegehelfer/in, Logopäde/in, dst. Dikarenakan kebutuhan pemahaman wawasan yang cukup mendalam, praktik kerja pada bentuk Ausbildung ini pun lebih sedikit jika dibandingkan dengan betriebliche Ausbildung. Berbeda dengan betriebliche Ausbildung, bentuk Ausbildung ini mewajibkan siswa/i nya untuk membayar biaya study.

Duales Studium

Bentuk Ausbildung ini merupakan gabungan antara Ausbildung yang lebih menekankan praktik dan perkuliahan yang menekankan pada teori. Perbedaan Ausbildung ini dengan bentuk Ausbildung yang lain adalah, bahwa pada bentuk Ausbildung ini siswa/i tetap mengenyam bangku perkuliahan dan diakhir pun akan mendapatkan gelar Bachelor sebagai lulusan dari universitas.

Sonderausbildungen

Bentuk Ausbildung ini merupakan salah satu kesempatan bagi siswa/i yang tidak mampu menyelesaikan jenjang pendidikan di Gymnasium/Sekundärschule/Hauptschule. Untuk mendaftar bentuk Ausbildung ini siswa/i diharuskan mampu menunjukan minimal satu Fachabitur mereka.

 

tool-3213926_1280.jpg

Sumber Foto: Dirk Wouters/Pixabay

Bagaimana cara mendaftar VISA Ausbildung?

Agar dapat mengajukan permohonan VISA dari Indonesia untuk Ausbildung siswa/i diharuskan untuk sudah memenuhi kriteria-kriteria berikut :

1. Siswa/i diharuskan sudah menemukan tempat Ausbildung yang dituju.

2. Tempat Ausbildung yang dituju sudah disetujui oleh The German Federal Employement Agency, bahwa tidak ada kandidat yang berasal dari negara Jerman dan EU lainnya yang mendaftar ke tempat Ausbildung tersebut. Namun provisi ini tidak berlaku bagi siswa/i yang telah memiliki ijazah sekolah dari Jerman.

Untuk detail dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mendaftar VISA Ausbildung bisa di dapatkan menghubungi pihak Kedutaan Jerman di Indonesia.

 

Sumber: https://news.indomarkt.com/ausbildung-sekolah-vokasi-di-jerman

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts